Album Koe

Sabtu, 10 Mei 2008

MIS-Tugas I

Tugas 1

Tugas yang diberikan dosen mengenai materi di atas adalah mencari jurnal mengenai sistem informasi lalu dirangkum isi jurnalnya .


Judul Jurnal : BIMS : An Information Management System for Biobanking in the 21 st Century

Sumber : IBM System Journal, vol 46, No 1, 2007

Rangkuman Jurnal:

Biobank Information Management System (BIMS) adalah suatu sistem yang didesain untuk mengintegrasikan data yang bervariasi dari suatu penelitian dimana ukuran data dan metode yang luas untuk mengumpulkan data sehingga permasalahan menyatukan dan mengakses data yang original dari berbagai macam sumber dalam hal pemetaan gen manusia dapat teratasi.

BIMS dapat mengatasi data terbaru yang ada terus menerus, memberikan interface pengguna yang lebih mudah untuk digunakan dan tidak membutuhkan skill pemograman, serta akses pengontrolan keserasian data untuk mendefinisikan peraturan kebijakan yang baik.

BIMS dirancang dengan tujuan tambahan : mengatasi data terbaru secara terus menerus, mempermudah menghitung data, dan kontrol akses data.

Tantangan Integrasi Data

Sejumlah informasi yang dihasilkan oleh peneliti biomedical semakin meningkat sesuai dengan penggunaan alat teknologi informasi.Informasi ini difokuskan mengikuti aspek integrasi data karena disesuaikan dengan peraturan penting manajemen data medis seperti:

1. Kualitas dan Kemampuan perbandingan data

2. Pembedaan Model Data

3. Pembedaan ontologi

4. Indentifikasi Ulang

5. Pembedaa Ukuran Data

6. Kepemilikan Data

7. Legal dan Aspek Etik

Manajemen informasi untuk penelitian medis sangat aktif dan berkembang dalam fungsi dan pengumpulan sumber data. BIMS tidak hanya memperkenalkan solusi teknik tetapi juga sekumpulan aspek kebijakan yang terkait integrasi data dan pengontrolan akses data. Selain hal tersebut BIMS memiliki kemampuan dalam hal membedakan variabel ekstrasi, konsolidasi, dan komponen abstraksi.

BIMS bertindak sebagai suatu solusi fasilitator kuat dalam riset biobank yang modern. Walaupun banyak tantangan, BIMS merupakan langkah awal untuk menghubungkan penelitian populasi dimasa depan serta suatu tantangan dan karya yang ambisius dalam mendukung penelitian biomedis. Dengan mengkombinasi data contoh genotif dan fenotif yang aktual sesuai standarisasi, BIMS dapat mengoptimalkan untuk mengumpulkan sample. Tujuan akhir adalah menjamin nilai, kualitas, dan bermanfaat dari sejumlah data medis.


Gambar 1. BIMS Data Flow

Tidak ada komentar: