Album Koe

Sabtu, 10 Mei 2008

MIS Tugas 2

Tugas yang diberikan dosen mengenai materi Information Systems for Competitive Advantage adalah mencari jurnal mengenai Knowledge Management lalu dirangkum dan mencari perusahaan yang mengaplikasikan Knowledge Management.


Judul : E-government and Knowledge Management

Penulis : Zhitian Zhou, Feipeng Gao

Sumber :IJCSNS International Journal of Computer Science and Network Security, VOL.7 No.6, June 2007


Rangkuman Jurnal:

  • Jurnal ini mendiskusikan tentang knowledge management untuk elektroniksasi pada pemerintahan (e-government) di Cina dimana pengaruh dan peranannya sangat penting.
  • Latar belakang diterapkannya knowledge management pada pemrintahan karena kebutuhan pemerintah tentang informasi administrasi tidak terpenuhi khususnya mengenai informasi administrasi suatu komunitas dan adanya efisiensi sosial yang rendah
  • Untuk mengatur informasi sumber daya seluruh pemerintahan secara efektif maka diterapkanlah knowledge management berupa konstruksi e-government agar pengguna fasilitas mendapatkan informasi yang diinginkan pada sistem lingkungan e-government sehingga departemen pemerintah dapat menganalisa dan memberikan pelayanan yang baik serta mempertinggi image pemerintahan .
  • E-Government merupakan suatu konsep umum di dunia yang mengacu pada penggunaan informasi dan teknologi informasi yang modern di pemerintahan, sampai pelayanan berbagai jenis informasi ( seperti telpon dan internet, stasiun computer umum dll) .
  • Struktur Kerangka e-government secara umum terdiri dari dua sistem pendukung dan tiga lapis, dua sistem pendukung adalah standar kebijakan dan teknikal, tiga lapisan tersebut adalah infrastruktur informasi, manajemen informasi dan informasi.
  • Aplikasi lapisan jasa terdiri atas
    • Sistem pendukung standar kebijakan, berarti bahwa semua kebijakan , pemerintah yang menetapkan. Ini dasar pokok untuk membangun proses dan standar e-government.
    • Sistem Pendukung standar teknis. Aliran kerja E-Government memerlukan standardisasi informasi dan teknologi keamanan yang standar. Standard teknis mencakup tandatangan elektronik dan standard keamanan jaringan RUU.

Gambar 1. Model Knowledge Management Pada Pemerintahan



  • Lapisan pendukung
    • Lapisan infrastruktur informasi. Ilmu pemerintahan dibangun berdasarkan teknologi informasi. Lapisan infrastruktur informasi meliputi: teknologi jaringan, teknologi multimedia, teknologi internet, control keamanan, database, data warehouse, miniature data dan proses analisa teknologi online, kolaborasi skill kerja,pertukaran s ilang teknologi informasi, integrasi sistem teknologi, teknologi pembayaran elektronik, dan lainnya.
    • Lapisan manajemen informasi. Meliputi : sistem manajemen otomasi kantor, sistem kolaborasi,sistem pendukung keputusan, dan agen sumber daya informasi. Jaringan lapisan ini sebagian besar bekerja secara internal.
    • Lapisan pelayanan aplikasi informasi. Lapisan pelayanan aplikasi informasi dibangun oleh lapisan manajemen informasi, sampai pembentukan lokasi eksternal umum pada internet, termasuk internet eksternal pada pemerintahan. Lapisan pelayanan aplikasi informasi meliputi : informasi dan pengumpulan informasi secara online, electronic procurement dan pembayaran elektronik benefit, pajak elektrontendering, bisnis elektronik, pernyataan elektronik, dan elektronik lainnya.


  • Arti Knowledge Management di E-Government di Cina

- Untuk meningkatkan kompetensi pemerintah

- Untuk menaikkan kualitas pemerintah

- Untuk mempromosikan pengembangan e-government yang sehat


Contoh :

Success Story : Perusahaan yang berhasil menggunakan Knowledge Management

Nama perusahaan : Wyeth

Lokasi : Collegeville, Pennsylvania

Industri : Life sciences

Produk dan jasa : Prescription pharmaceuticals, nonprescription consumer healthcare products, and pharmaceuticals for animal health

Pendapatan : US$19 billion

Jumlah pekerja : 52,000

Web site : www.wyeth.com

Partner : SAP® Consulting


v Tantangan dan Peluang

- Meningkatkan infrastuktur web site

- Persatuan healthcare-arsip professional

- Menciptakan saluran tunggal untuk interaksi dengan penyedia healthcare


v Tujuan :

- Mengungkit internet sebagai saluran untuk membangun merek wyeth

- Membuat web site yang berpengalaman untuk penyedia

- Membangun pondasi suatu perusahaan yang berorientasi arsitektur ( SOA )

- Fasilitas informasi yang mudah dan cepat dalam menjual produk


Ringkasan Success Story:

  • WYETH merupakan perusahaan yang bergerak di bidang obat-obatan farmasi dengan resep dokter, produk pemelihaaran kesehatan, dan obat-obat untuk kesehatan hewan.
  • Latar belakang WYETH menggunakan knowledge management dalam hal ini SAP NetWeaver karena para executive perusahaan farmasi menganggap bahwa mayoritas para pengujung merupakan para investor yang mencari informasi mengenai perusahaan,dengan mengubah nama perusahaan dari American Home Products menjadi WYETH. Setelah dikembangkan banyak para pengunjung yang mengembangkan peduli kesehatan yang ingin mengetahui informasi mengenai tim sales Wyeth, produknya, penelitiannya, dan percobaan kliniknya.
  • Dengan membangun portal yang kuat, Wyeth menggunakan web site dan service-oriented architecture (SOA). Dengan SAP NetWeaver dapat mendukung pembuatan sebuah perusahaan service-oriented architecture (SOA) yaitu suatu bisnis yang menggunakan software arsitektur yang sejalan fundamental SOA dengan memperbanyak desain, komposisi dan manajemen pelayanan Web ditujukan untuk permintaan perusahaan yang lebih luas.
  • Untuk mempercepat sukses perusahaan, gaya organisasi menjadi efisien dengan meningkatkan nilai IT pada perusahaan WYETH. Dengan adanya strategi organisasi web-pemilik web site Wyeth memperkenalkan kepada pengambil keputusan untuk menggunakan SAP NetWeaver untuk membuat kemasan portal yang baru dan berdasarkan enterprise SOA.
  • Wyeth menggunakan komponen knowledge management SAP NetWeaver untuk membuat portal yang berpengalaman bagi pengguna dan memfasilitasi penyebaran informasi yang berhubungan dengan organisasi. komponen knowledge management menyimpan file-file dan menginisiasi aliran kerja aktivitas sebagai jawaban atas kepatuhan.



1 komentar:

Md Santo mengatakan...

Dalam konteks KM tsb, saya ajak anda (baik secara aktif maupun pasif) untuk ber"social networking" dan berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice)sbg materi sumber belajar (learning resources) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten & konteks kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( judul topik : OUR KNOWLEDGE MAP ) atau lewat beranda depan http://mobeeknowledge.ning.com

Terima kasih

Md Santo